Harus Mengerti! Efek KB Suntik 3 Bulan.

Alat kontrasepsi merupakan salah satu hal yang bisa digunakan untuk membatasi kehamilan. Jenis alat kontrasepsi yang bisa digunakan bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk pil, serum yang disuntikan, atau alat yang ditanam didalam tubuh. Semua alat kontrasepsi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam menggunakan alat kontrasepsi sebaiknya selektif sehingga tidak ada efek samping.


Penggunaan alat kontrasepsi sebaiknya dalam pengawasan dokter atau bidan. Jangan sembarangan menggunakan alat kontrasepsi karena bisa saja membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Efek dari alat kontrasepsi bisa saja berpengaruh terhadap kesehatan dan kesuburan. Oleh karena itu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari alat kontrasepsi yang akan digunakan. Berikut efek dari KB suntik 3 bulan yang perlu diketahui.

Efek Terhadap Sistem Reproduksi

Ketika Ucers menggunakan KB suntik 3 bulan maka tidak akan terjadi proses ovulasi atau pembuahan. Penggunaan KB suntik 3 bulan ini tidak akan mengganggu kesuburan atau gangguan kehamilan dan janin. Setelah Ucers melepas KB suntik maka akan bisa kembali hamil. Namun hal ini tentunya membutuhkan waktu sekitar 3-5 bulan untuk kembali bisa hamil. Maka dari itu sebaiknya sebelum memutuskan untuk memilih alat kontrasepsi sebaiknya berdiskusi terlebih dahulu dengan bidan atau dokter.

Efek Bagi Wanita yang Sedang Menyusui

Penggunaan KB suntik 3 bulan tidak akan mempengaruhi proses menyusui. Kualitas dan kuantitas ASI tidak akan terganggu dengan adanya KB suntik ini. Jadi bagi Anda yang sedang menyusui dan menggunakan KB suntik tidak perlu khawatir terhadap efek negatif.

Gangguan Haid

Penggunaan KB suntik 3 bulan bisa saja mempengaruhi pola haid dan menyebabkan terjadinya gangguan haid. Hal ini tergantung dari lama waktu penggunaan alat kontrasepsi tersebut.

Sakit Kepala

Keluhan yang mungkin saja dirasakan oleh wanita yang menggunakan KB suntik 3 bulan adalah sakit kepala yang seringkali berdenyut pada salah satu sisi kepala. Hal ini mungkin bisa dirasakan setiap waktu, konsultasikan dengan dokter.

Berat Badan Bertambah

Penggunaan KB suntik dalam jangka panjang bisa saja berpengaruh terhadap berat badan yang mungkin bertambah secara drastis . Hal ini juga tentunya tergantung dari masing masing individu. Ada hormon tertentu yang juga ikut berpengaruh sehingga kenaikan berat badan bervariasi.

Efek Terhadap Jantung dan Gangguan Emosi

Efek yang perlu diwaspadai adalah risiko peningkatan kemungkinan terjadi penyakit jantung. Selain itu juga berpengaruh terhadap gangguan emosi akibat dari perubahan hormonal yang bisa saja mengakibatkan seorang wanita pengguna KB suntik mengalami emosi yang tidak menentu.
Categories : Bugar

PAGEVIEWS