Cara Mengolah Daun Pandan Menjadi Obat Alami Bagi Beberapa Penyakit


Bukan hanya untuk masakan daun pandan juga sangat berkhasiat untuk kesehatan bahkan kecantikan. Hal tersebut di karenakan di dalam daun pandan sendiri terdapat berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan seperti alkaloid, saponin, flavonoida, tanin dan polifenol. Beberapa kegunaan daun pandan bagi tubuh adalah dapat mengatasi tekanan darah tinggi, rematik, kolesterol tinggi, demam, pegal linu dan lainnya. Untuk mengetahui manfaat daun pandan secara keseluruhan, anda bisa menyimak informasi berikut ini

1. Menurunkan darah tinggi

Bagi anda yang kini tengah mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, anda bisa mencoba mengatasinya dengan herbal yang satu ini. Caranyapun sangat sederhana. Ambil beberapa lembar daun pandan wangi, kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas air. Setelah agak dingin, saring airnya, lalu minum ramuan tersebut 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

2. Mengobati rematik dan asam urat

Meski rematik dan asam urat sering kali menjangkit orang yang telah berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan penyakit yang satu ini pun dapat di alami oleh remaja maupun dewasa. Adapun cara mengatasi rematik atau asam urat dengan menggunakan daun pandan sendiri dapat di lakukan dengan mengambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, seduh dengan menggunkan setengah cangkir minyak kelapa yang telah di panaskan sebelumnya sambil di aduk-aduk hingga mereta. Setelah dingin, anda bisa menggunakannya sebagai obat gosok untuk mengurut bagian tubuh yang sakit akibat rematik atau asam urat.

3. Mengatasi pegal linu

Jika selama ini anda mengonsumi berbagai jenis obat untuk mengatasi pegal linu, anda kini bisa mengatasinya hanya dengan menggunakan daun pandan. Caranya yaitu dengan menyiapkan terlebih dahulu 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar manfaat daun serai. Setelah di cuci bersih kemudian tubuk hingga halus dan tambahkan 1 sendok minyak kayu putih dan minyak gandapura ke dalamnya. Aduk hingga merata. Dan gunakan ramuan tersebut untuk menggosok bagian tubuh yang mengalami pegal linu.

4. Mengatasi lemah syahwat

Jangan pandang sebelah mata khasiat daun pandan yang satu ini. Bagi anda yang kini tengah mengalami lemah syahwat, anda bisa menggunakan herbal daun pandan ini untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menghaluskan terlebih dahulu 1 genggam daun pandan segar lalu peras airnya. Setelah itu kemudian campurkan sedikit garam pada air hasil perasan tersebut lalu minum satu hari secara teratur sebanyak 1 gelas selama 3 hari berturut-turut.

5. Menurunkan demam tinggi pada anak

Anda dapat mengatasi demam tinggi pada anak maupun dewasa hanya dengan menggunakan daun pandan. Teh daun pandan di anjurkan untuk di konsumsi oleh penderita demam. Maka dengan begitu, demam pun akan turun dengan segera.

6. Mencegah kanker

Mengopnsuimsi teh daun pandan secara teratur juga nyatanya sangat berkhasiat dalam mencegah dan membantu proses penyembuhan kanke. Hal tersebut di karenakan di dalamnya terkandung senyawa yang vbisa membatasi kerja dari zat karsinogen.

7. Mengatasi diabetes

Berbagai kandungan yang miliki daun pandan sangat baik dalam menurunkan dan menjaga kadar normal gula darah penderita diabetes. Adapun manfaat daun untuk diabetes bisa anda dapatkan dengan cara merebus beberapa lembar daun pandan dengan menggunakan 3 gelas air. Setelah tersisa menjadi setengahnya angkat dan saring. Jadikan ramuan tersebut menjadi 2x konsumsi pagi dan sore. Konsumsi manfaat rebusan air daun pandan ini secara teratur hingga kadar gula darah anda normal kembali.

Itulah beberapa manfaat dan cara mengolah daun pandan menjadi obat alami bagi beberapa penyakit yang sederhana dan mudah dilakukan dirumah.
Categories : Bugar

PAGEVIEWS