Hindari Diabetes Dengan Cara Berikut Ini


Diabates merupakan penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia, penyakit tergolong dalam penyakit yang cukup berbahaya bahkan dijuluki sebagai “Ibu dari segala Penyakit”. Hal ini dikarenakan diabetes dapat mempengaruhi organ – organ penting di dalam tubuh manusia seperti halnya Jantung, mata, ginjal, pembuluh darah, hingga sistem saraf.

Pada dasarnya penyebab diabetes adalah pola makan yang tidak teratur dan jarangnya intensitas melakukan olahraga, khususnya bagi kalian yang memiliki riwayat keturunan diabates akan lebih berisiko terkena penyakit ini.

Untuk itu sejak muda kalian harus berusaha mencegah diri dari terjangkit penyakit ini dimasa tua, kenapa dimasa tua ? karena umumnya dimasa muda tubuh masih mampu mengatasi tingginya kadar gula darah dengan menggenjot produksi insulin oleh pankreas, namun lama – kelamaan produksi insulin akan berkurang sehingga tubuh tidak mampu menahan jumlah gula darah yang terlalu tinggi.

Nah untuk itu mari kita bahas beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari penyakit berbahaya ini.

1. Mengatur Porsi Makan


Seperti kata pepatah di dalam perut yang buncit terdapat berbagai macam penyakit yang siap mengintai anda di kemudia hari, cara pertama ini sangat diperlukan oleh para pengidap penyakit diabates dikarenakan nasi yang menjadi makanan pokok orang Indonesia memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.


Jika kalian mengkonsumsi nasi dalam jumlah yang melampaui batas maka efeknya tubuh akan menerima zat gula yang berlebih, memang saat usia muda tubuh masih bisa mengatasi hal ini, tetapi di usia tua kalian baru akan tahu bahwa kebiasaan ini sangat buruk.

Aturlah porsi makan sesuai kebutuhan, bagi kalian yang muslim bisa juga melakukan amalan puasa sunnah senin dan kamis, atau puasa Nabi Daud sebagai alternatif diet sehat. Selain bisa menjadi ajang menjaga kesehatan jasmani, kalian juga bisa mendapatkan pahala yang baik dari kedua amalan sunnah tersebut.

2. Mengganti Nasi dengan Makanan Pokok rendah gula


Seperti yang sudah dibahas tadi, Nasi memiliki kandungan gula yang cukup tinggi oleh karenanya kalian bisa bisa mengganti nasi dengan makanan pokok lain yang rendah lemak seperti halnya umbi – umbian. Jika masih berat untuk mengganti nasi sebagai makanan pokok, kalian bisa mengawalinya dengan menjadi makanan pengganti seperti umbi – umbian sebagai selingan misalkan pagi sarapan menggunakan umbi – umbian, makan siang pakai nasi, dan makan malam pakai umbi – umbian.

Tapi ingat perhatikan tata cara mengolah makanan tersebut, hindari mengolah dengan cara menggoreng dan diutamakan untuk mengolahnya dengan cara mengukus. Mengingat minyak bisa jadi permasalahan lain bagi kesehatan tubuh, untuk informasi lebih lanjut mengenai pengolahan makanan yang sehat, kalian bisa searching sendiri hehehehehe atau menunggu mimin bikinin artikelnya di lain kesempatan.

3. Olahraga Rutin


Kalau bicara soal kesehatan, Olahraga memang tidak pernah ketinggalan kalau kita ibaratkan itu penyebab sakit ya kurang olahraga. Kita semua bisa memulai kebiasaan baik ini untuk mencegah berbagai macam penyakit hingga menghilangkan stres, dari segi pencegahan terhadap penyakit diabetes terdapat anjuran untuk berolahraga minimal 30 menit untuk menjaga tingkat gula di dalam darah tetap normal.

Bagi kalian yang muslim bisa mengawali hari dengan olahraga, setelah shalat subuh usahakan tidak tidur lagi dan pergilah keluar rumah untuk menghirup udara segar tanpa polusi daripada kesel bangun tidur kepala pening karena tidur nanggung, kalian bisa jadikan olahraga sebagai pengisi waktu sebelum melakukan aktifitas harian.

4. Hindari Makanan Berlemak


Pada dasarnya junk food memang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya berbagai macam penyakit sebutlah jantung, kolestrol hingga pada akhirnya akan berpengaruh pada jumlah gula di dalam darah. Mimin tidak naif dan mengakui kalau masih suka mengkonsumsi nasi padang yang huacek itu hehehehe, tapi tetap saja hal tersebut kurang baik untuk kesehatan tubuh dan mimin sarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Satu hal lagi perhatikan tata cara pengolahannya, hindari terlalu sering mengolah makanan dengan cara digoreng, dianjurkan mengolahnya dengan cara dikukus atau direbus. Ingat loh direbus bukan berarti mie rebus loh hehehe, perhatikan kesehatan kalian karena sesuatu baru terasa berharga saat kalian kehilangan hal tersebut.

5. Mengganti Gula Tebu dengan Gula Jagung atau Sejenisnya


Gula tebu dapat meningkatkan tekanan gula di dalam darah, oleh karena itu penderita gula tebu disarankan mengganti asupan gula tebu dengan gula jagung untuk menekan tingginya kadar gula di dalam darah. Memang kelemahan dari gula ini adalah rasanya yang kurang manis sehingga sangat sulit diterima oleh pecinta gula, kendati demikian tetap saja seseorang yang memiliki riwayat penyakit diabetes memang diharuskan mengurangi asupan gula mereka baik suka atau tidak.

Sekian rangkaian informasi yang dapat mimin sampaikan, pesan mimin jagalah kesehatan kalian karena hal paling berharga di dunia ini adalah kesehatan. Meskipun kalian memiliki uang sebanyak apapun tetap saja semuanya percuma apabila kalian sedang sakit, so akhir kata mimin ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di lain kesempatan.
Categories : Bugar

PAGEVIEWS