Tujuh Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh


Bumbu dapur yang satu ini memang wajib selalu ada. Ternyata selain membuat masakan menjadi gurih dan sedap, bawang merah juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh bila dikonsumsi secara rutin.

Berikut ini ada tujuh manfaat bawang merah :

1. Menguatkan Tulang

Penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa orang-orang yang gemar mengonsumsi bawang merah dan bawang putih akan memiliki tulang kuat. Para peneliti juga mengatakan bahwa nutrisi yang terkandung pada bawang bisa meningkatkan kepadatan tulang dan mencegahnya terhindar dari berbagai masalah. 

2. Tinggi Antioksidan

Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, folat, mangan dan berbagai zat aktif yang sangat baik buat tubuh. Bawang merah juga mengandung antioksidan yang sangat baik dalam mencegah risiko kanker maupun penyakit berbahaya lainnya. 


3. Menurunkan Risiko Kolesterol

Para peneliti percaya jika nutrisi yang terkandung di dalam bawang merah bisa menurunkan risiko kolesterol. Tak hanya itu saja, nutrisi ini juga efektif menurunkan tekanan darah dan mencegah risiko darah tinggi maupun stroke. 

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buat kamu yang ingin memiliki sistem pencernaan sehat, pastikan untuk mengonsumsi bawang merah secara rutin. Nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam bawang merah sangat baik untuk sistem pencernaan. 
5. Mengobati Asma

Manfaat pertama dari konsumsi bawang merah rutin setiap hari adalah mengobati asma. Nutrisi dan antioksidan yang terkandung di dalam bawang merah sangat baik buat kesehatan sistem pernafasan. Selain mengobati asma, bawang juga baik untuk mengobati pilek, flu, bronkitis dan sejenisnya.

6. Mengobati Tuberkolosis

Bawang bermanfaat sebagai antiseptik dan anti mikroba. Untuk itu, bawang merah sangat bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah tuberkolosis. Akan lebih bermanfaat lagi jika bawang merah dikonsumsi secara rutin setiap hari bersama sedikit garam.

7. Meningkatkan Produksi ASI

Buat ibu yang sedang menyusui dan berharap memiliki ASI melimpah buat buah hati, disarankan untuk mengonsumsi bawang merah mentah. Para ahli percaya jika kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada bawang merah bisa meningkatkan produksi ASI.

Itulah 7 manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh yang kami rangkum dari berbagai sumber. Selamat mencoba dan selamat beraktifitas!
Categories : Bugar

PAGEVIEWS