Menakjubkan! Inilah Rahasia Daun Jambu Biji Buat Kesehatan Yang Orang Jarang Mengetahui


Jambu biji adalah pohon tropis yang berasal dari Amerika Tengah.Buahnya berbentuk oval dengan kulit hijau muda atau kuning dan mengandung biji yang bisa dimakan.

Menakjubkan! Inilah Rahasia Daun Jambu Biji Buat Kesehatan Yang Orang Jarang Mengetahui

Terlebih lagi, daun jambu biji digunakan sebagai teh herbal dan ekstrak daun sebagai suplemen. Buah jambu biji sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. Kandungan nutrisi yang luar biasa ini memberi mereka banyak manfaat kesehatan.

Berikut manfaat kesehatan berbasis bukti ilmiah jika Anda rutin konsumsi daun jambu biji.

1. Dapat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa bukti menunjukkan bahwa Jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah.

Beberapa penelitian tabung dan hewan menemukan bahwa ekstrak daun Jambu biji meningkatkan kadar gula darah, kontrol gula darah jangka panjang, dan resistensi insulin. Ini adalah berita baik bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko terkena diabetes.

Studi yanhg dilakukan pada 19 orang mencatat bahwa minum teh daun Jambu biji menurunkan kadar gula darah setelah makan. Studi lain pada 20 orang dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa minum teh daun Jambu biji mengurangi kadar gula darah setelah makan lebih dari 10%.

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung


Jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan Jantung dalam beberapa cara.

Banyak ilmuwan percaya bahwa tingginya kadar antioksidan dan vitamin dalam daun Jambu biji dapat membantu melindungi Jantung dari kerusakan oleh radikal bebas. Tingginya kadar kalium dan serat larut dalam Jambu biji juga dianggap berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung.

Selain itu, ekstrak daun Jambu biji telah dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah, penurunan kolesterol LDL "buruk", dan peningkatan kolesterol HDL "baik". Karena tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit Jantung dan stroke yang lebih tinggi, mengonsumsi ekstrak daun Jambu biji dapat membawa manfaat yang berharga.

Terlebih lagi, buah ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Sebuah studi 12 minggu pada 120 orang menemukan bahwa makan jambu matang sebelum makan menyebabkan penurunan keseluruhan tekanan darah sebesar 8-9 poin, penurunan total kolesterol sebesar 9,9%, dan peningkatan kolesterol HDL "baik" sebesar 8%.

Efek yang sama ini telah terlihat dalam beberapa penelitian lain.

3. Memberikan Manfaat pada Sistem Pencernaan


Jambu biji adalah sumber serat makanan yang sangat baik.

Karena itu, makan lebih banyak Jambu biji dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit. Hanya satu Jambu biji dapat memberikan 12% dari asupan serat yang direkomendasikan setiap hari. Selain itu, ekstrak daun Jambu biji dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Studi menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi intensitas dan durasi diare. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun Jambu biji bersifat antimikroba. Ini berarti dapat menetralkan mikroba berbahaya di usus yang dapat menyebabkan diare.

4. Dapat Memiliki Efek Antikanker

Ekstrak daun Jambu biji telah terbukti memiliki efek antikanker.

Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak Jambu biji dapat mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Ini kemungkinan karena tingginya tingkat antioksidan kuat yang mencegah radikal bebas dari merusak sel, salah satu penyebab utama kanker.

Satu studi menemukan bahwa minyak daun Jambu biji empat kali lebih efektif untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker dibandingkan obat kanker tertentu.

Meskipun hasil percobaan menjanjikan, itu tidak berarti bahwa ekstrak daun Jambu biji membantu mengobati kanker pada orang.

5. Mengkonsumsi Mungkin Baik untuk Kulit

Berbagai macam vitamin dan antioksidan yang dikemas dalam Jambu biji dapat bekerja sangat baik untuk kulit. Antioksidannya dapat melindungi kulit dari kerusakan, yang dapat memperlambat proses penuaan, membantu mencegah keriput.

Terlebih lagi, ekstrak daun Jambu biji bahkan dapat membantu mengobati jerawat ketika diterapkan langsung ke kulit. Satu penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak daun Jambu biji efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat , kemungkinan karena sifat antimikroba dan anti-inflamasinya.
Categories : Bugar

PAGEVIEWS