Sering Diremehkan! Inilah Rahasia dan Manfaat Daun Singkong Buat Kesehatan No. 4 Sangat Mengejutkan


Salah satu sayuran yang sejak zaman nenek moyang sudah banyak dikonsumsi adalah daun singkong, khususnya daun yang masih muda. Singkong memang tanaman yang sangat familiar, apalagi bagi yang tinggal di pedesaan. Biasanya, orang-orang desa menjadikan deretan pohon singkong sebagai pagar hidup. Selain bisa memagari pekarangan, daunnya juga bisa dipetik sebagai sayuran.

Sering Diremahkan! Inilah Rahasia dan Manfaat Daun Singkong Buat Kesehatan No. 4 Sanagat Mengejutkan

Orang Minang, bahkan seakan menjadikan daun singkong sebagai sayuran wajib. Cobalah lihat menu nasi padang, hampir semua dilengkapi dengan lalap daun singkong. Memang lezat sih, makan dengan lalap daun singkong dan sambal lombok hijau. Bahkan tanpa lauk lain pun, rasanya sudah begitu istimewa.

Daun singkong bisa jadi merupakan keajaiban yang Allah turunkan untuk negeri ini. Sangat mudah tumbuh, cuma menancapkan batang pohon singkong di tanah saja, namun kandungan gizinya luar biasa,dalam 100 gram daun singkong, terkandung kalori sebesar 73 kkal; 13 gr karbohidrat; 6,8 gram protein; 1,2 gram lemak; 165 mg kalsium; 54 mg fostor; 2 mg zat besi; vitamin A 11000 IU; Vitamin B1 0,12 mg; juga Vitamin C 275 mg.


Daun singkong mengandung 0% kolesterol. Lemak jenuh sangat sedikit, yaitu 0,062 gram. Artinya, lemak yang terkandung pada daun singkong kebanyakan adalah lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

1. Awet Muda

Ada satu fakta menarik, bahwa menyantap daun singkong, ternyata bisa bikin kita awet muda. Mengapa begitu? Sebab kalsium dan fosfor yang tinggi bisa membuat tulang terus kuat, sehingga meski usia terus bertambah, tulang tetap kuat seperti masih muda. Sementara, dilansir dari ipb.ac.id (diakses 30/11/2018), daun singkong mengandung antioksidan jenis flavonoid yang cukup kuat. Flavonoid dan vitamin C, bisa membuat jaringan tubuh terhindar dari kerusakan dan kita tetap awet muda, lho!

2. Terhindar Dari Penyakit Jantung dan Stroke

Karena bebas kolesterol dan sangat sedikit mengandung lemak jenuh, daun singkong tidak menambah kadar kolesterol jahat pada tubuh. Bahkan, asam lemak tak jenuh yang terkandung pada singkong, bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Dengan demikian, menyantap daun singkong bisa menghindarkan diri kita dari kegemukkan, serta menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke.



3. Terbebas dari Jerawat dan Memutihkan Kulit

Ternyata, daun singkong bisa membebaskan wajah dari jerawat, lho! Caranya, daun singkong bisa dilembutkan, lalu dijadikan masker untuk wajah. Gunakan secara rutin, dan kulit kita akan terbebas dari jerawat serta menjadi lebih cerah.

4. Terhindar dari Kanker

Seperti disebutkan di atas, daun singkong mengandung flavonoids, jenis antioksidan yang bisa mencegah terbentuknya radikal bebas yang diduga bisa menyebabkan kanker.

Nah, banyak sekali manfaat dari daun singkong ya? Memang tidak sembarang daun singkong aman dikonsumsi. Pilihlah daun singkong yang masih muda, warnanya hijau cerah (bukan hijau tua), daunnya tipis (bukan tebal), dan ukuran daunnya tidak terlalu lebar. Jangan pula dimakan dalam kondisi mentah, tetapi rebus atau masak dahulu.
Categories : Bugar

PAGEVIEWS