Manfaat Beras Hitam Buat Kesehatan Yang Orang Jarang Tahu

Meski tidak sepopuler beras putih ataupun beras merah, manfaat beras hitam patut dilirik. Beragam kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh ada dalam beras jenis ini.

Sebenarnya, beras hitam sama dengan beras putih dan beras merah pada umumnya. Beras ini sama-sama termasuk dalam spesies tanaman Oryza sativa.

Manfaat Beras Hitam Buat Kesehatan Yang Orang Jarang Tahu

Beberapa kandungan nutrisi yang dapat dimanfaatkan dari beras hitam, antara lain:

1. Antosianin

Saat sudah dimasak, beras hitam akan berubah warna menjadi ungu tua. Hal itu disebabkan oleh kandungan antioksidan bernama antosianin yang banyak didapatkan pada beras hitam, terutama pada kulit luarnya.

Baca Juga : Jangan Sepelekan, Inilah Penyebab Batu Ginjal 

Jumlah antosianin Antosianin telah terbukti memiliki manfaat dalam mencegah banyak penyakit kronis, misalnya penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Satu sendok beras hitam memiliki kandungan antosianin lebih tinggi dibandingkan dengan satu sendok blueberi, bahkan dengan kandungan gula yang lebih sedikit.

2. Vitamin E

Beras hitam juga kaya kandungan vitamin E yang dapat memperkuat sistem imunitas sekaligus menangkal radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan. Berdasarkan beberapa studi, kandungan vitamin E yang ada dalam beras hitam juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah serangan jantung.

3. Vitamin B

Beras hitam mengandung beberapa jenis vitamin B, antara lain vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B9 (asam folat). Vitamin-vitamin ini memiliki peran penting dalam berbagai fungsi tubuh, mulai dari proses pembentukan energi, produksi sel darah merah, hingga regenerasi sel.

4. Mineral

Beras hitam mengandung banyak sekali mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi, zinc, kalsium, dan magnesium, juga banyak terdapat dalam beras hitam. Kandungan mineral pada beras hitam dinilai paling tinggi dibandingkan jenis beras lainnya.



Tips Mengolah Beras Hitam

Ada banyak cara mengolah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat beras hitam. Anda bisa mengolah beras hitam menjadi makanan utama, seperti nasi dan bubur atau membuatnya menjadi bahan dasar roti, mi, atau bahkan kue-kuean.

Beras hitam bisa diolah layaknya beras biasa. Namun untuk hasil terbaik, Anda disarankan menanak beras hitam dengan cara tradisional, tidak menggunakan rice cooker.

Berikut tips memasak yang bisa Anda coba untuk mendapatkan manfaat beras hitam:


  • Cuci beras hitam 2–3 kali dengan air dingin.
  • Rendam beras hitam air selama setidaknya 1 jam sebelum menanak.
  • Masukkan beras hitam ke dalam panci.
  • Masukkan air dengan takaran 2 cangkir air untuk setiap satu cangkir beras hitam. Gunakan kaldu ayam, kaldu daging, ataupun kaldu sayuran sebagai pengganti air untuk rasa yang lebih gurih.
  • Masak beras hitam hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, kecilkan api, tutup, dan biarkan hingga 35 menit atau hingga air menyerap sempurna.
  • Matikan api dan diamkan nasi terlebih dahulu sekitar 5 menit sebelum disajikan.

Melihat nutrisi yang dikandungnya, manfaat beras hitam bagi tubuh tidak usah lagi diragukan. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan berat badan, atau sekadar mengubah pola makan menjadi lebih sehat, beras hitam bisa jadi alternatif yang baik untuk nasi putih atau nasi merah.

Namun jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkait menu makanan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak dan terima kasih sudah mengunjungi situs kami.

PAGEVIEWS