6 Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Pengidap Darah Tinggi

Tekanan darah tinngi ditandai dengan kepala pusing, biasanya tekanan darah semakin tinggi disebabkan oleh sembarangan dalam memilih makanan.

Beberapa jenis makanan yang mengandung tinggi garam juga lemak menjadi salah satu penyebab tekanan darah melonjak. Berikut penjelasannya:

1. Makanan Kaleng

Dilansir Eat This, makanan kaleng rata-rata mengandung banyak natrium, karena rata-rata makanan kaleng mengandung 1.720 miligram natrium.

6 Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Pengidap Darah Tinggi

American Heart Association merekomendasikan kita tidak boleh mengkonsumsi natrium lebih dari 2.300 miligram per hari, dengan batas ideal 1.500 miligram dalam sehari.

2. Kentang Goreng

Camilan ini menjadi makanan favorit kebanyakan orang. Namun sayangnya makanan yang satu ini mengandung tinggi lemak dan garam.

Jika seseorang mengkonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kelebihan gula darah dan kolesterol.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School menemukan bahwa konsumen yang mengkonsumsi sebanyak 4 porsi dalam sehinggi berisiko 17% lebih tinggi mengalami tekanan darah.


3. Minuman Soda

Studi yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa mengkonsumsi lebih dari satu botol kaleng soda atau minuman manis setiap hari akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Makanan Tinggi Fruktosa

Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa makanan yang tinggi akan fruktosa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Salah satu makanan yang mengandung fruktosa adalah saus salad yang siap santap. Mengkonsumsi saus salad secara berlebihan justru bisa meningkatkan risiko darah tinggi hingga obesitas.

5. Donat

Makanan dengan gula tambahan seperti donat jika dikonsumsitidak sewajarnya atau secara berlebihan ternyata bisa menyebabkan tekanan darah melonjak bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung.

Baca Juga : Inilan Makanan untuk Penderita Asam Urat Baik Dikonsumsi Dan Dihindari

Penelitian yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2014 menyebutkan, peningkatkan konsumsi gula darah tambahan bisa menyebabkan tekanan darah seseorang. Sehingga memperhatikan asupan garam dan lemak.

6. Fast Food

Penelitian yang dilakukan oleh jurnal Heliyon tahun 2019, menemukan bukti bahwa mengkonsumsi fast food terlalu sering bisa meningkatkan tekanan darah.

Makanan seperti burger, sandwich ayam, dan pizza diselimuti oleh lemak sangat tidak baik bagi kesehatan.

Demikianlah pokok bahasan artikel tentang 6 Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Pengidap Darah Tinggi yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak dan terima kasih sudah mengunjungi situs kami.

Categories : Kesehatan Tips Kesehatan

PAGEVIEWS